Thursday, January 15, 2015

Cuba Trip Part3 - Last : Tips Liburan di Havana

Havana adalah tempat wajib kalau berkunjung ke Cuba, karena semua tempat2 menarik ada di sana.  Gue mungkin mau kasih tips buat elo yang mau liburan ke Havana Cuba, apalagi buat yang mau pergi sendiri kaya gue ( solo traveler ).


1. Visa, tentu udah gue bahas di blog sebelumnya ( part 2 ).

2. Pesawat ke Havana.
     Tidak banyak pilihan untuk bisa terbang ke Havana Cuba,  dan perlu elo tahu kalau semua agen tiket  online ( kayak, skyscanner, one travel dll ) tidak menjual tiket ke Cuba.  ini karena embargo Amerika.  Jadi satu2 nya cara yang bisa dilakukan adalah membeli langsung dari website airline yang bersangkutan.  Pertanyaannya airline mana aja yang terbang ke Cuba? ini PR besar karena waktu itu gue harus googling dan search satu satu airline yang memungkinkan terbang ke sana.  Beberapa airline yang terbang ke Cuba diantaranya copa airline ( Panama, www.copaair.com), Avianca ( Colombia, www.avianca.com ), Air France, Air Canada.

Yang kedua, kalau elo terbang via Amerika, seperti yang gue lakukan, tiket nya tidak bisa nyambung ke Cuba, jadi elo harus beli 2 tiket terpisah ( lagi lagi karena embargo ). 
Sesaat sebelum take off Copa Airline from Panama Airport to Havana

Flying 35,000 feet high to Havana Cuba


 
3. Akomodasi
Lagi lagi, elo ga akan nemu hotel/hostel lewat agoda, hostel world atau booking.  Kalau mau hotel, elo harus search dan booking  langsung hotel yang bersangkutan dan kalau mau hostel ( casa ) / apartemen/ tinggal bareng owner, ada satu situs resmi Cuba yang gue pake, yaitu casaparticular.com .  Dari sini gue dapat tempat tinggal keren banget dengan view Samudra Atlantik dengan harga 35 dolar per malam.


Malecon 413, book di www.casaparticular.com

4. Where to go in Havana for 4 days
     - Centra Historica
        hampir tiap hari gue mengunjungi tempat ini karena menarik dan unik, banyak sekali yang liat, cari tempat makan, dan tempatnya cukup luas dengan ciri khas Cuba bangunan banguan tua yang eksotis

Area nya luas dan banyak yang bisa dilihat, bangunan bangunan yang eksotis, cafe cafe yang lucu dan street performance

Me with Cuban Lady, bayar 1 dolar untuk foto bareng dengan si dia LOL


     - Plaza Central
       Ini nama area ( park ) yang jadi pusat kota Havana.  Dari situ akan banyak hotel hotel, nyambung ke Centra Historica, Capitol dan titik permulaan bus turis Hop on Hop off

View Capitol Hill

     - Cemetery
       Pemakaman terbesar di jaga benua Amerika ada di Havana Cuba, elo wajib datang untuk melihat kemewahab bangunan2 makam nya, tiket masuk ke sini 15 dolar.

 
Pemakaman terbesar di Benua Amerika ada di Havana


Gerbang Utama masuk ke Pemakaman


  -  Malecon
        Pedestrian sepanjang pesisir laut yang sangat cantik saat matahari terbenam ( sunset),  Romantis untuk pacaran ( kalau elo berdua ) atau jalan jalan aja menikmati alam buat yang sendiri kaya gue.  di sepanjang jalan ini akan melihat El Morro, tempat historical yang dulu di pakai untuk termpat berlindung Rakyat Cuba dari serangan, bangunan bangunan tua  dan lalu lalang mobiil mobil klasik


El Morro
Malecon street, sunset time
    -  Salsa
        Either di restauran tempat makan atau di tempat clubbing,  musik salsa bisa ditemukan di mana mana.  abis cape jalan jalan, malam hari seru juga makan sambil dengerin live music salsa dan malam harinya pergi ke tempat salsa.

Banyak cafe2 yang menyediakan live music khas latin/cuba/salsa

Salsa Club - lincah lincah deh orang sana haha

5. Transportasi
     Transportasi di sana rata rata pake taxi, jarak dekat biasanya bayar sekitar 3 - 5 dolar.  rata rata segituan tiap kali naik turun taxi di Havana.  Tapi sebaiknya pake juga Hop on Hop off bus yang harganya hanya 5 dolar untuk 1 hari.  jadi kita udah tahu bakal di bawa ke tempat2 menarik dan bisa naik turun seenaknya gratis selama seharian.



lets explore the world, life is too short to not travel













5 comments:

  1. Beli travel card waktu check in di bandara mana?
    Saya rencana ke Cuba bulan Feb 2016.
    I really enjoy reading your story :)
    Nice pics too

    ReplyDelete
  2. Tergantung airline. Kl KLM ya di amsterdam. Kalau coa air ya di panama. Pokoknya di bandara terakhir sebelum cuba

    ReplyDelete
  3. total dana yang dibutuhin brp selama trip ini?

    ReplyDelete
  4. Tergantung timing dan your lifestyle selama liburan. Tiket ekonomi PP ya at least 1800-2500 dolar (30 jutaan). Hotel/hostel/villa mulai 500 ribu per hari ada. Makan standar dengan Jakarta masih bisa sama.

    ReplyDelete
  5. Hallo..Saya ada rencana pegi ke Cuba, namun rencana akan ke Canada dulu sebelum ke Cuba. Apakah sy bisa apply tourist card di Canada? Atau harus pada saat masih di Indo?
    Mohon infonya 😊

    ReplyDelete